infokomputer.grid.id

Ringan, Ini 7 Aplikasi Android Go Terbaik untuk Digunakan

Google memiliki banyak aplikasi yang dibuat sendiri di platform Android. Namun, banyak dari mereka memiliki ukuran file yang besar dan berat, terutama saat dijalankan di ponsel lama.

Untungnya, untuk memastikan semua pengguna Android dapat menjalankan aplikasi mereka dengan nyaman, Google menawarkan varian ‘GO’ untuk beberapa aplikasi yang dipilih. Varian ‘GO’ dirancang sedemikian rupa untuk berjalan dengan lancar dan bebas dari masalah, bahkan pada ponsel dengan spesifikasi yang sangat minim. Inilah beberapa dari mereka.

7 Aplikasi Android Go Terbaik untuk Digunakan

1. Gmail Go

7 Aplikasi Android Go Terbaik untuk Digunakan
apkmirror.com

Seperti yang diperkirakan, Gmail Go adalah versi “ramping” dari aplikasi Gmail. Gmail Go hadir dengan hampir semua fitur umum yang dimiliki Gmail, seperti dukungan untuk lebih dari satu akun, membuat peluncur pintas, navigasi melalui gerakan gesek, pemberitahuan untuk pesan baru, dan banyak lagi.

Sayangnya, untuk wilayah Indonesia Gmail Go saat ini masih belum tersedia untuk diunduh langsung melalui Google Play Store. Namun, bagi mereka yang tertarik atau hanya ingin tahu, Anda dapat segera mengunduh APK melalui situs tepercaya seperti apkmirror dan apkpure untuk menginstalnya secara manual.

2. Google Maps Go

7 Aplikasi Android Go Terbaik untuk Digunakan
sindonews.com

Google Maps Go adalah varian ringan dari Google Maps. Sama seperti Gmail GO, aplikasi ini juga mengemas sebagian besar fitur yang dimiliki oleh aplikasi utama seperti informasi lalu lintas waktu nyata, arahan, transportasi umum, dan informasi tentang bisnis lokal.

Aplikasi ini adalah jenis Progressive Web App (WPA) dan mengharuskan Google Chrome berfungsi. Meskipun sangat membantu, terutama untuk ponsel dengan spesifikasi “kentang”, peta pergi masih memiliki kekurangan, salah satunya adalah tidak ada mode offline untuk melihat peta dalam kondisi tanpa internet.

3. Google Assistant Go

jurnalapps.com

Google Assistant Go hadir sebagai alternatif untuk Google Assistant di mana pengguna masih dapat meminta sesuatu atau menemukan informasi melalui suara. Aplikasi ini sangat cocok untuk mereka yang memiliki ponsel dengan spesifikasi terbatas. Namun, perlu diingat jika asisten Go tidak sempurna dan memiliki sejumlah keterbatasan.

Selain dukungan bahasa yang saat ini hanya bahasa Inggris (meskipun akan ditambahkan ke bahasa lain dalam waktu dekat), Asisten Go juga tidak dapat digunakan untuk mengontrol perangkat rumah pintar, melakukan berbagai perintah asisten aksi, dan menggunakan Kibor sebagai an Perintah suara alternatif.

4. Gallery Go

aplikasyik.com

Sederhananya, galeri Go adalah foto google tetapi sangat mudah dan tidak dilengkapi dengan fitur cadangan cloud. Namun demikian, aplikasi ini tetap dilengkapi dengan segudang fitur yang umumnya dimiliki oleh aplikasi galeri.

Galeri Go dapat digunakan untuk mengatur banyak foto dan meningkatkan kualitas foto secara otomatis. Selain itu, Gallery Go juga menawarkan kinerja yang lebih baik daripada foto (terutama untuk ponsel kelas bawah) dan dapat digunakan sepenuhnya offline, yang tidak dapat sepenuhnya digunakan oleh foto.

5. YouTube Go

infokomputer.grid.id

Diluncurkan pada tahun 2016, YouTube Go adalah salah satu aplikasi pertama dalam keluarga Android Go. YouTube Versi penghematan kuota ini dibuat untuk meminimalkan konsumsi data pengguna saat menonton video.

Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur pratinjau video untuk melihat sedikit tentang konten video. Kemudian, ada juga dukungan untuk mengunduh video dan menontonnya secara offline. Keren lagi, YouTube Go juga memiliki fitur eksklusif yang tidak dimiliki oleh aplikasi utamanya, yang merupakan dukungan untuk berbagi video dengan teman terdekat melalui Bluetooth.

6. File Go (File by Google)

slashgear.com

File Go atau yang sekarang telah mengubah namanya menjadi file oleh Google adalah upaya pertama Google untuk membuat aplikasi manajer file. Berbeda dengan yang lain, aplikasi ini tidak memiliki aplikasi utama dengan ukuran yang lebih besar atau lebih banyak fitur.

Selain dapat digunakan untuk mengakses file pada penyimpanan internal dan eksternal, files by Google juga dilengkapi dengan fitur yang menarik. Beberapa dari mereka seperti dukungan untuk aplikasi pembersihan, menghapus aplikasi yang tidak digunakan, menghapus file duplikat, dan berbagi file untuk berbagi file ke perangkat lain melalui jaringan nirkabel.

7. Google Go

youtube.com

Diluncurkan pada awal 2017 sebagai Google Search Lite, aplikasi ini kemudian diubah menjadi Google Go beberapa tahun kemudian. Google Go memiliki berbagai fitur yang dimiliki aplikasi pencarian Google seperti mencari melalui teks, gambar atau suara di Google dan banyak lagi.

Aplikasi ini hampir mirip dengan aplikasi utamanya, tetapi dengan kontrol yang lebih baik untuk UI -nya. Salah satu contohnya adalah Google Go, pengguna dapat dengan mudah mengaktifkan/menonaktifkan akses ke topik seperti skor olahraga, jadwal film, berita, dan lainnya.

Dengan demikian ulasan serta rekomendasi untuk beberapa aplikasi Android GO terbaik untuk digunakan. Tertarik menggunakan aplikasi ringan di atas untuk mengganti aplikasi utama?