bottleneck pada komponen yang terpasang
laptopnesia.com

5 Kesalahan Sepele yang Berdampak Buruk saat Merakit PC, Apa Saja?

Merakit PC, baik untuk game atau kantor, dibutuhkan akurasi dan pengetahuan yang cukup sehingga semuanya berjalan seperti yang diharapkan. Itulah sebabnya perencanaan, anggaran biaya, dan masalah teknis yang berkaitan dengan spesifikasi PC itu sendiri.

Nah, sayangnya, ada cukup banyak orang yang kadang -kadang membuat kesalahan sepele dan tampaknya memiliki dampak buruk pada PC yang sedang dirakit. Jika Anda ingin merakit PC secara detail, Anda harus menghindari lima kesalahan sepele di bawah ini. Yuk, simak ulasannya!

5 Kesalahan Sepele yang Berdampak Buruk saat Merakit PC

1. Tentukan komponen terlebih dahulu daripada biaya

Kesalahan Sepele yang Berdampak Buruk saat Merakit PC
unsplash.com

Banyak orang terkejut ketika mereka mengetahui bahwa total biaya yang harus dia habiskan ketika merakit PC. Ya, masalah ini sering terjadi karena tidak ada rencana terperinci mengenai pos anggaran untuk merakit PC. Harus dicatat bahwa harga komponen PC tidak pernah sama dari tahun ke tahun, kadang -kadang naik secara drastis, kadang -kadang harganya turun.

Di sinilah Anda membutuhkan rencana anggaran yang cermat. Lebih baik jika Anda mengumpulkan PC, pertama -tama tentukan biaya atau anggaran yang Anda miliki. Setelah itu, periksa harga komponen PC yang termasuk dalam anggaran Anda. Ingat, ya, terkadang harga di setiap toko juga dapat berbeda tergantung pada merek dan area tempat Anda tinggal. Jadi, rencanakan anggaran atau biaya di muka. Setelah itu, jenis komponen akan mengikuti.

2. Memasang bagian RAM yang berbeda

Kesalahan Sepele yang Berdampak Buruk saat Merakit PC
pricebook.co.id

Tujuan hati ingin meningkatkan kapasitas memori RAM, tetapi itu membuatnya lebih lambat dan tidak dapat mendeteksi kapasitas memori dengan benar. Yup, penyebab utama dari ini adalah pemasangan RAM yang berbeda. RAM atau Random access memory adalah sistem yang memungkinkan komputer untuk menyimpan memori sementara sehingga mudah dibuka kembali.

Karena fungsinya sebagai penyimpanan memori sementara, kecepatan dan jenis RAM yang digunakan harus sama. Jangan menginstal dua RAM yang berbeda karena sistem pada PC hanya akan membaca kecepatan terendah. Dari pengalaman penulis, dua atau lebih potongan RAM harus dipasang (sama), baik dari merek, jenis, kecepatan, kapasitas, dan frekuensi.

3. Tidak memperhatikan bottleneck pada komponen yang terpasang

bottleneck pada komponen yang terpasang
gamebroot.com

Terkadang, banyak orang membeli perangkat PC hanya berdasarkan kinerja tunggal. Dengan kata lain, ia tidak memperhatikan lalu lintas atau kemacetan yang akan diproduksi antara prosesor, VGA, bahkan RAM. Menginstal VGA kelas atas dengan kombinasi prosesor lama, misalnya, tentu saja itu hanya akan membuat PC berfungsi perlahan, bahkan macet.

Nah, untuk mengatasi ini, cobalah untuk mempelajari terlebih dahulu jenis komponen yang akan diinstal di PC Anda. Coba PC memiliki komponen dengan kualitas dan kinerja yang seimbang sehingga hambatan tidak terjadi. Selain VGA dan prosesor, ada komponen lain yang juga harus dipertimbangkan, misalnya RAM, HDD, SSD, dan Motherboard.

4. Asal-asalan dalam memasang kipas

bottleneck pada komponen yang terpasang
m.medcom.id

Kipas pada casing PC berfungsi untuk memasukkan udara segar dan melepaskan suhu panas dengan tujuan menjaga stabilitas suhu PC. Instalasi kipas yang tepat adalah memperhatikan posisi di mana kipas ditempatkan. Kipas depan casing harus menghadap ke depan karena tugasnya adalah menghisap udara segar ke PC.

Jika Anda menggunakan kipas di bawah casing, itu harus menghadap ke bawah untuk menyedot udara dari luar. Sekarang, sementara kipas di casing belakang, ia juga harus menghadap ke depan karena tugasnya adalah menghilangkan udara panas dari dalam PC. Jika ada kipas untuk bagian atas casing, posisi harus menghadap ke bawah karena tugas akan menyedot panas di luar PC.

Bagaimana cara membedakan sisi kipas depan dan belakang? Cukup mudah, sungguh. Yang harus Anda lakukan adalah melihat bingkai kipas yang pasti berada di sisi belakang kipas. Nah, sisi depan kipas ditugaskan menghisap udara segar, sedangkan sisi belakang ditugaskan untuk menghilangkan udara panas. Anda dapat melihat gambar di atas sebagai patokan. Mudah, kan?

5. Lupa memberikan pasta termal

bottleneck pada komponen yang terpasang
computory.com

Nah, memberikan pasta termal atau thermal paste tampaknya masih merupakan hal sederhana yang sering dilupakan. Thermal paste itu sendiri adalah bahan khusus yang digunakan untuk menyebarkan panas. Biasanya, pasta ini diterapkan pada permukaan prosesor sehingga panas dalam CPU dapat merambat dengan sempurna ke heatsink yang pada akhirnya panas dapat dihilangkan dengan kipas prosesor.

Lupa memberikan pasta termal ke prosesor akan menghasilkan masalah cukup fatal, yaitu prosesor mengalami panas yang berlebihan dan tentu saja membuat kinerja PC berhenti sepenuhnya. Bahkan, itu tidak mengesampingkan kemungkinan usia prosesor menjadi lebih pendek dari yang seharusnya. Jika Anda membeli prosesor baru dan kipas yang digunakan adalah kipas default, biasanya pasta telah diinstal dari pabrik.

Namun, jika Anda menggunakan kipas dari pihak ketiga, jangan lupa untuk menyediakan pasta termal baru sehingga prosesornya tidak panas. Oh, ya, gunakan pasta berkualitas baik sehingga tahan lama dan awet. Sebaliknya, ganti pasta termal prosesor setahun sekali untuk mempertahankan kinerjanya agar tetap optimal.

Jadi, Anda sudah tahu kesalahan sepele apa yang berdampak buruk untuk perakitan PC mu, Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda yang berencana untuk merakit PC,baru ya ! Selamat mencoba.